Spiga

Ovrebo: Gol Toni Sah

Euro 2008



Minggu, 15 Juni 2008 - 08:54 wib

detail
Foto: AP
ZURICH - Wasit Tom Henning Ovrebo, akhirnya mengakui kesalahannya setelah menganulir gol Luca Toni, kala Italia bertemu Rumania. Menurut Ovrebo, gol Toni sah dan tidak dalam posisi off-side.

Pengakuan Ovrebo ini jelas bertolak belakang dengan pembelaan UEFA yang sebelumnya membela Ovredo dengan menyebut Toni berada dalam posisi off-side.

Striket Italia tersebut melegitimasi golnya adalah sempurna bukan off-side. Hakim garis Paul Codrea pun tidak mengangkat bendera tanda Toni sudah terjebak off-side. Tapi, Ovrebo terlanjur meniupkan peluit dan membatalkan gol tersebut. Italia pun harus puas bermain imbang.

"Tidak ada diskusi tentang itu. Saya memang membuat kesalahan dengan menganulir gol Toni. Saya juga telah mengatakan hal yang sama kepada Komisi UEFA," jelas Ovrebo seperti dikutip AP, Minggu (15/6/2008).

Keputusan kontroversial itu sudah memantik reaksi keras dari presiden FIGC Giancarlo Abete. Yang mempertanyakan kinerja wasit di Euro 2008. Abete mendesak UEFA meminta maaf kepada publik sepakbola dan melakukan pembenahan dalam bidang wasit.(OKEZONE.com)

0 komentar: